Minggu, 29 Juni 2014

Nirmana Dwimatra (2D)

Diposting oleh Agie Widya Eswari di 6/29/2014 04:48:00 PM
     Sebelum gue masuk ke contoh, gue bakal jelasin apa itu nirmana. Nirmana adalah penyusunan elemen-elemen seperti titik, garis, warna, tekstur, bidang yang menjadi satu membentuk suatu kesatuan yang harmonis. Berikut terdapat beberapa unsur nirmana dwimatra :
1. Titik : unsur rupa terkecil atau  paling sederhana,titik tersendiri tidak mempunyai ukuran atau dimensi. Titik sendiri belum mempunyai arti, kumpulan titik akan mempunyai arti jika ditempatkan di area tertentu
2. Garis : rentetan dari titik-titik yang memanjang, garis merupakan unsur rupa yang akan banyak memberikan kesan pada perupaan.
    - Garis lurus termasuk garis vertikal, horizontal, dan diagonal
    - Garis lengkung
    - Garis majemuk termasuk garis zig-zag dan garis berombak/lengkung S
3. Bidang : sebuah garis yang diteruskan melalui belokan dan kembali ke titik tolak dimana garis tersebut berawal
4. WarnaSifat cahaya yang dipancarkan atau secara subjektif/psikologi sebagai bagian dari pengalaman indra penglihatan.Warna terdiri dari warna primer (merah,  kuning, dan biru), warna sekunder (orange, hijau, ungu), warna tersier (warna primer yang dipadukan dengan warna sekunder), dan warna komplementer (merah dan hijau, orange dan biru, kuning dan ungu).
5. Tekstur : Tekstur adalah nilai raba suatu benda. Tekstur ada dua macam yaitu tekstur semu dan tekstur nyata. Tekstur raba ini sifatnya nyata, artinya dilihat tampak kasar, diraba pun nyata kasar.

Prinsip Nirmana
1. Balance (keseimbangan)
Keseimbangan adalah keadaan yang dialami oleh suatu benda jika semua daya yang bekerja saling meniadakan. Bagian kanan dan kiri sama (seimbang).
 
2. Ritme (irama)
Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk-bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain.
3. Unity (kesatuan)
Kesatuan merupakan salah satu prinsip dasar tata rupa yang sangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya rupa akan membuat karya tersebut terlihat cerai-berai, kacau-balau yang mengakibatkan karya tersebut tidak nyaman dipandang. Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan.
4. Center of interest (pusat perhatian)
Dominasi mempunyai bebrapa tujuan yaitu untuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan dan untuk memecah keberaturan.

 


 
Dibawah ini beberapa hasil nirmana dwimatra yang udah gue buat :
1. Nirmana Titik

2. Nirmana Garis Lurus

3. Nirmana Garis Ekspresif
  
4. Nirmana Biomorphic
 


5. Nirmana Bentuk

6. Nirmana Komposisi Warna

7. Nirmana Tekstur
 



0 komentar:

Posting Komentar

 

AG's design Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos